Bojonegoro- Sinergitas anatara Pemkab dan Polri kembali digelar pada acara Penyuluhan Hukum sekaligus Cangkrukan Kamtibmas Presisi di Masjid Al-Fallah Desa Bubulan, Kec. Bubulan, rabu (23/03). Kegiatan yang mengupayakan ketertiban dan penanganan hukum di Desa, diikuti Pemerintah Desa Bubulan, Kepala Desa Se Kec. Bubulan serta Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama.

 

Pada acara tersebut masyarakat diberikan berkesempatan untuk berdialog dan interaksi langsung dengan Bupati Bojonegoro yang didampingi Forkopimda Kab. Bojonegoro, dalam upaya mengurai persoalan hukum di masyarakat sekitar.

 

Sarkasi salah satu Tokoh Masyarakat, menyampaikan bahwa sebagian besar masyarakat di Kec. Bubulan sangat bergantung dengan hutan, rata-rata petani penggarap menanam pohon kayu putih. "Kami berharap pengelolaan lahan perhutani dapat dilaksanakan Program Perhutanan Sosial." Ucapnya.

 

Administratur (ADM) Perhutani Kab. Bojonegoro, Irawan Darwanto Djati, S.Hut. menanggapi harapan masyarakat bahwa saat ini Program Perhutanan Sosial sudah direalisasikan dibeberapa wilayah di Indonesia, namun untuk Bojonegoro, masih belum. Menurutnya pengelolaan lahan perhutani, masyarakat diijinkan mengolahnya dengan catatan menanam tanaman kayu-kayuan dan tanaman buah-buahan. Sedangkan untuk bangunan yang berdiri dilahan perhutani, masyarakat tidak diijinkan membangun bangunan permanen, kecuali dikarenakan dengan tujuan istimewa, ungkapnya

 

Kapolres Kab. Bojonegoro dalam sambutannya meminta keharmonisan masyarakat Bubulan agar terus dijaga. Dan penyelesaian permasalahan, upayakan selesai di tingkat desa. "Kita berharap tindak pidana yang sifatnya ringan, tidak sampai masuk penjara. Asalkan pemerintah desa dapat mendamaikan kedua belah pihak, akan lebih baik." Jelasnya.

 

Anna Mu'awanah, Bupati Bojonegoro meminta pengelolaan infrastruktur dilakukan dengan cermat. Ditemui disalah satu titik jalan poros desa terdapat aspal baru yang retak. Hal seperti ini, harusnya diantisipasi sebelum melaksanakan program pembangunan infrastruktur. Selebihnya, Bupati Bojonegoro menilai keamanan dan keharmonisan masyarakat Bubulan sangat baik dan terjaga.

 

"Akses menuju Kec. Bubulan sudah mengalami banyak perubahan, Dan kami Pemkab Bojonegoro telah menyiapkan BKD sebagai sarana mensupport program pembangunan infrastruktur Pemkab Bojonegoro, dan itu manfaatkan dengan sebaik mungkin." Terang Anna Mu'awanah.


By Admin
Dibuat tanggal 30-05-2022
61 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
100 %
Puas
0 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
0 %