Bojonegoro - Pasar untuk masyarakat sangatlah penting karena pasar merupakan sebuah tempat untuk  bertransaksi memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari. Di pasar masyarakat dapat melakukan kegiatan jual beli atau transaksi lainnya, baik dalam bentuk barang maupun jasa. Dan menjadikan pasar sebagai tempat sumber mata pencarian.
Menurut kajian ilmu ekonomi, pasar merupakan suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang atau jasa tertentu.
 
Jum’at (07/01), Bupati Bojonegoro Anna Mu'Awanah bersama dengan FORKOPIMDA Bojonegoro telah meresmikan sebuah Pasar tradisional bermama Pasar Wisata Bojonegoro. Turut hadir pula Sekda  beserta jajaran Kepala OPD dan Camat Kec. Bojonegoro.
 
Pasar ini terletak di Jl. Kopral Kasan kecamatan Bojonegoro, tepatnya berdampingan dengan pasar hewan yang telah dipindah di Kecamatan Balen. Berdiri di atas lahan seluas 1,5 ha dengan arsitektur kekinian, pasar wisata 2 lantai ini memiliki 206 toko dan 1.510 lapak los/bidak. 
 
Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman Dan Cipta Karya Kabupaten Bojonegoro Adie Witjaksono Dalam laporannya menyampaikan bahwa pasar wisata yang didesain 2 lantai memiliki fasilitas yang lengkap dan diatur secara zonasi (cluster) jenis barang dagangan secara terkelompok, yang membedakan penataan barang dagangan basah di lantai 1 dan kering yang terpisah di lantai 2. Dilengkapi dengan fasilitas umum seperti mushola, toilet bersih di setiap lantai, ruang pendingin (big frezer) untuk menyimpan ikan dan daging, loading dock/bongkar muat barang, lapak pedagang lesehan yang sangat higienis di atas meja keramik, dengan pintu keluar dan masuk teratur, yang dilengkapi troly/keranjang bagi pembeli, serta parkir luas.
 
Sementara itu dalam sambutannya Bupati menjelaskan bahwa pasar wisata adalah bentuk komitmen pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Mengusung konsep tradisional bernuansa modern pemkab berharap masyarakat dapat menikmati kenyamanan berbelanja dengan fasilitas yang modern. “Kita memiliki harapan, konsep pasar tradisional modern terealisasi dengan baik. Dengan penataan ini, kenyamanan dan kebersihan sebagaimana pasar modern dapat dinikmati masyarakat dengan harga belanjaan tetap tradisional.” Jelasnya
 
Tak hanya itu, pasar wisata ini kedepannya juga akan didukung dengan aplikasi pesan antar barang untuk memudahkan pembeli yang ingin berbelanja. Produk-produk unggulan UKM dan IKM kerajinan khas Bojonegoro diharapkan akan menjadi penambah daya tarik pasar wisata Bojonegoro menjadi ikon baru Kabupaten ini.
 
Usai meresmikan, Bupati, bersama undangan lainnya  melakukan peninjauan lokasi, Bupati menambahkan bahwa pasar wisata telah siap digunakan. Kedepannya kita akan siapkan fasilitas pendukung lain seperti akses jalan menuju pasar agar dilebarkan dan penyediaan tempat parkir yang lebih luas. "Kita berharap seluruh masyarakat dapat menikmati fasilitas yang ada, dan kita akan bersama-sama untuk memajukan pasar ini." Terangnya.

By Admin
Dibuat tanggal 02-03-2022
1257 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
100 %
Puas
0 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
0 %